Apa sih Teks Editor dan IDE itu? Ini Perbedaanya

bagi sobat sobat yang bergelut dalam dunia pemrograman atau yang hobi ngoding mungkin tidak akan terlepas dari istilah tersebut ya Teks Editor dan IDE. tools/aplikasi tersebut haruslah ada karena untuk menuliskan codingam kita membutuhkan salah satu dari kedua aplikasi tersebut. oke ini pejelasannya sob:



1. Teks Editor

Teks Editor ada sebuah software/aplikasi yang berfungsi untuk menuliskan codingan/syntax pemrograman, kita merangkai kode program dalam teks editor tersebut kemudian menyimpannya dalam sebuah file, teks editor tidak memiliki banyak fitur seperti IDE, karena fungsinya hanya sebatas untuk menuliskan kode program saja. contoh Teks editor yang biasa digunakan adalah Notepad bawaamnya windows, Notepad++, Sublime Text, Visual Studio Code dll. Text editor biasanya dilengkapi dengan Plugin plugin sehingga menambah fitur serta kemampuan dari Text editor tersebut.

Gambar: Visual Studio Code




2. IDE (Integrated Development Environtment)

IDE adalah sebuah aplikasi yang menggabungkan antara Text editor dan Compiler, Compiler adalah sebuah software untuk menerjemahkan Source code menjadi kode biner sehingga hasilnya bisa dibaca oleh komputer. IDE biasanya dikhususkan dan difokuskan untuk satu bahasa pemrograman. Conntohnya IDE untuk membuat aplikasi C/C++ di windows memakai DevC++. IDE tersebut selain kita menuliskan kode program kita juga bisa langsung untuk mencompile source code programm C/C++ ke dalam bentuk exe sehingga bisa langsung di jalankan di sistem operasi Windows tersebut. Contoh lain IDE yang ada di OS Berbasis GNU/Linux kita bisa mengunakan Geany, Geany bisa digunakan untuk mencompile berbagai macam bahasa pemrograman, hanya saja kita diharuskan untuk mengatur path compiler yang akan digunakan.


Gambar: Geany


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url