Tips Bertanya Di Forum atau Grup Pemrograman



tips bertanya di forum atau grup pemrograman
sumber: https://icon-library.net


Coding merupakan kegiatan untuk menuliskan kode program, semua yang berhubungan dengan kode program pasti suatu saat akan menemukan error, entah itu error karena lupa titik koma atau salah konfigurasi, mungkin tak sedikit dari kita yang langsung bertanya kepada orang yang lebih mahir dalam pemrograman, salahsatunya adalah forum. akan tetapi jangan asal asalan kita bertanya karena ujung ujungnya kita akan dibuly habis habisan oleh para member disana dan berikut ini saya akan sedikit kasih tips untuk memulai bertanya di suatu forum/grup pemrograman

1. Googling


sebelum bertanya ke sebuah forum ada baiknya kita bisa mencari solusi dengan bantuan mesin pencari google. Google adalah salahsatu mesin pencari paling poluler saat ini, tentu disana terdapat banyak informasi yang bisa kita gali termasuk mencari solusi error dari program kita, bayangkan terdapat ribuan atau bahkan sampai jutaan programmer dunia, yang sudah lebih dulu belajar pemrograman dari kamu, pasti ada error yang sudah dialami oleh orang tersebut lalu orang tersebut membagikan solusi nya dalam bentuk artikel, atau bertanya dalam forum dan sudah ada jawabannya nah disitu kita bisa melihat bagaimana error tersebut bisa di selesaikan.


2. Coba Cari Dulu


Biasanya forum / grup menyertakan sebuah form kotak pencarian yang berguna untuk mencari topik dalam forum tersebut, biasakan kita menggunakan fasilitas pencarian ini, sebelum memulai bertanya, karena pertanyaan yang sering diajukan biasanya member disana akan enggan menjawab, karena sudah ada jawaban dari pertanyaan yang diajuakan oleh member sebelumnya.

3. Patuhi Peraturan Grup


Mengkin sebelum masuk sebuah forum/grup biasanya kita disuguhkan rules/peraturan grup yang dibuat oleh admin, misal nya menyertakan hashtag dll, maka mau tak mau kita seharusnya harus mematuhi peraturan tersebut, atau malah kamu tidak akan mendapat jawaban dari sana bahkan kamu akan kena banned dari forum/grup tersebut.

4. Berbicara Sopan


Bertanyalah dengan baik dan sopan, karena bagaimana pun juga secara tidak langsung kita  meminta orang dalam forum tersebut untuk membaca, menganalisa pertanyaanmu, dan akan menyita waktu orang tersebut maka sudah seharusnya kita bertanya dengan sopan supaya orang yang menjawab dengan senang hati akan membantumu memecahkan masalah yang sedang kamu hadapi.


5. Sertakan Informasi Pendukung (Source kode/Gambar)


ini penting sekali untuk diperhatikan jangan sekali kali bertanya tanpa meyertakan potongan kode program. karena yang menjawab disana bukan dukun atau paranormal.

"Mas ini errornya kenapa ya kok gak bisa dijalankan programnya?"
"Mas kenapa datanya tidak masuk ke database ya?"

Pertanyaan tersebut justru membingungkan orang untuk memberi jawaban, karena error tersebut belum jelas asal usulnya dan perlu analisa dari kode program yang bermasalah tersebut. apabila kamu mengajukan pertanyaan tersebut mungkin hanya mendapat bullian dari para member disana.


"bentar mas kita terawang dulu"

ada baiknya kita sertakan source code di penyedia layanan online. misal Pastebin atau Github gist kita pastekan kode tersebut lalu sertakan link ke kode program tersebut saat kamu bertanya ini memudahkan orang untuk menganalisa kode program yang kita buat.

6. Usahakan jangan OOT (out of topic)


apabila kamu bertanya usahakan jangan melenceng dari sebuah forum tersebut, misal forum tersebut berdiskusi tentang web programming maka kamu bertanya tentang web jangan bertanya diluar itu, apabila grup tersebut tidak cocok dengan pertanyaanmu silahkan cari lagi forum/grup yang lainnya.

7. Bersabar menunggu jawaban


Setelah kita bertanya jangan harap kamu mendapat jawaban saat itu juga, karena kesibukan oarang bebeda beda, mungkin lagi bekerja, kuliah atau ada kesibukan lain yang belum sempat membalas pertanyaanmu, bersabarlah karena kita meminta waktu orang untuk membaca dan menganalisa kode programmu, dan memberikan jawaban yang sesuai keinginanmu.


8. Berterimakasih

Seusai kamu mendapat jawaban dari para member di forum atau grup dan kode program mu berjalan dengan baik, jangan lupa untuk berterima kasih kepda orang yang memberi solusi tersebut, mentang mentang sudah beres kamu menghilang begitu saja, bisa jadi lain kali kamu bertanya disana tidak ada yang memberi jawaban lagi.



9. Penutup

Mungkin sekian saja yang saya sampaikan jangan malu untuk bertanya karena malu bertanya sesat dijalan, jangan lupa untuk menerapkan tips tips diatas ya sob untuk bertanya yang baik ok happy coding :)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url