Memperbaiki error Grub rescue pada Linux

Seperti kejadian yang saya alami beberapa waktu lalu, awalnya PC saya dualboot MX-Linux dengan windows 10 karena alasan tertentu saya mencoba buat downgrade Windows ke Windows 7, alhasil setelah pemasangan Windows 7 selesai dan saat dihidupakan malah muncul tampilan Grub rescue> dan menu grub pun tidak tampil sialnya saya tidak bisa masuk ke Mx-Linux maupun ke OS Windows.

Tampilan grub rescue  
Gambar: grub rescue 

Grub rescue yaitu keadaan dimana ada kesalahan konfigurasi pada grub bootloader, biasanya disebabkan oleh kesalahan pada saat dualboot dengan windows (ini yang saya alami).

Secara teknis pada grub rescue adalah dimana kesalahan dalam pengaturan variable root dan path.. Yang mana variable root harus berisi nilai sebuah path folder partisi boot berada, sedangkan prefix harus merujuk ke directory grub module yang nantinya diperlukan saat proses booting

Oke langsung saja kita menuju ke tutorialnya.. Saya asumsikan kita sedang pada mode grub rescue seperti ini..

Pertama kita akan mengetahui dimana letak file normal.mod berada silahkan masukkan perintah dibawah ini satu persatu apabila muncul no device found silahkan teruskan perintah dibawahnya sampai menampilakan output seperti ini (hdx,xxx)
 
Perhatian:
x86_64-efi (EFI)
i386-pc (BIOS/Legacy)


Silahkan sesuaikan dengan sistem bios kalian saya, punya saya EFI jadi memakai x86_64-efi
grub> search -f /x86_64-efi/normal.mod
grub> search -f /grub/x86_64-efi/normal.mod
grub> search -f /boot/grub/x86_64-efi/normal.mod

Apabila tidak bisa menggunakan perintah search bisa dengan perintah ls seperti dibawah

grub> ls /x86_64-efi/normal.mod
grub> ls /grub/x86_64-efi/normal.mod
grub> ls /boot/grub/x86_64-efi/normal.mod


Apabila sudah ketemu misal hasil nilainya adalah
(hd0,gpt5), Ini tandanya boot grub terdapat di partisi ke 5 sekarang kita set variable prefix dan root

grub> set prefix=(hd0,gpt5)/boot/grub
grub> set root=(hd0,gpt5)
grub> insmod normal
grub> normal

dan akhirnya saya bisa masuk ke grub menu

grub menu

Gambar: GRUB Menu

nah sekarang adalah masuk ke Linux kalian kemudian update grub kalian, dengan cara buka terminal lalu masukkan perintah dibawah

user@iman $ sudo grub-install /dev/sda

Nah sekarang apabila masuk maka akan tampil grub seperti biasa.

Oke mungkin sekian dari saya mudah-mudahan bermanfaat buat kalian yang mengalami grub rescue ini, terimakasih!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url