Pengertian Bahasa pemrograman Java

 

Pengertian Java

logo java


Gambar: Logo java

Java merupakan sebuah bahasa pemrograman high level yang berorientasi objek, syntaksnya mirip seperti bahasa C dan C++, yang membedakannya Java memiliki system pengumpul sampah (garbage collection) dan memiliki mesin virtual sendiri bernama JVM sehingga kita bisa menulis kode Java sekali saja dan bisa dijalankan di sistem operasi dan arsitektur apa saja. dengan keunggulan seperti itu maka Java memili jargon “write once, run everywhere”.

Java sendiri dikembangkan pada tahun 1990 oleh tim di Sun microsystem sebut saja James Goling, Mike Sheridan serta Patrick Naughton yang tergabung dalam sebuah proyek “The green project” yang bertujuan untuk menciptakan bahasa baru yang lebih unggul dari Bahasa C dan C++.

Singkat cerita mereka berhasil membuat bahasa tersbut dan menamakan bahsa tersebut adalah Oak. sayangnya nama Oak sudah terdaftar dan digunakan oleh perusahaan lain, hingga akhirnya mereka mengganti namanya menjadi Java. Kenapa namanya java? karena salah satu penciptanya, James Gosling, terinspirasi oleh kopi Jawa yang ia minum saat sedang merancang bahasa ini. yang konon kopi ini berasal dari pulau jawa,

Kelebihan dan Kekurangan Java

Berikut adalah kelebihan bahasa Java:

  • Platform independent. Bahasa java tidak terikat oleh sistem operasi atau platform tertentu, kita bisa membuat sebuah program java yang bisa langsung dijalankan diberbagai sistem operasi. ini berkat adanya JVM yang menerjemahkan bytecode ke dalam bahasa mesin untuk masing-masing sistem operasi.
  • Mudah diperlajari. code dalam bahasa java mudah dipelajari karena termasuk dalam high level language, yang mana intruksi kode nya menyerupai bahasa manusia/lebih tepatnya bahasa inggris. misal if, else, when, break, continue dll
  • Aman. Java memiliki fitur keamanan yang bagus seperti sandboxing dan sistem pengumpul sampah otomatis (garbage collector) yang mana akan menghapus referensi objek di dalam memori apabila sudah tidak digunakan lagi, yang mana ini akan mencegah kebocoran memori atau memory leaks.
  • Dukungan OOP, Java secara bawaan sudah mendukung pemrograman berorientasi obek yang kuat. semua code yang dibuat dimodelkan seperti objek dalam kehidupan nyata. sehingga memudahkan developer untuk membuat aplikasi yang modular dan mudah untuk di pelihara.
  • Memiliki standar konsisten. java memiliki naming convension dan code convension , sehingga kode program java lebih mudah untuk di perlajari dan dipelihara oleh programmer java lainnya.
  • Performa cepat. meskipun java dijalankan di atas JVM, performa yang ditawarkan Java cukup cepat karna JVM dioptimalkan untuk kinerja tinggi.

meskupun java memiliki kelebihan berikut beberapa kekurangan dalam bahasa java

  • Performa relatif lambat. meskipun java sudah dioptimalkan untuk kinerja tinggi, akan tetapi bila dibandingkan dengan bahasa C/C++ java relatif lambat, itu disebabkan karena overhead yang dihasilkan JVM selama proses mengkesekusi bytecode.
  • Konsumsi memori besar. Java memrlukan memori yang cukup bersar untuk melakukan alokasi memory dinamis dan sistem garbage collector yang kompleks.
  • kurang fleksibel. Java kurang fleksibel dalam management memory. karena developer tidak diizinkan untuk manajemen memori secara manual, semua dilakukan serba otomatis oleh sistem java/garbage collector, yang mana hal ini kurang mendukung apabila mengembangkan java untuk akses ke hadrware misal dalam pembuatan driver dll.
  • kompleksitas. Fitur-fitur yang disediakan oleh Java cukup banyak, maka penggunaan Java dapat menjadi kompleks terutama bagi pemula yang baru belajar pemrograman.

itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam bahasa java, maka sepatutnya kita sebagai developer untuk mempertimbangkan pembuatan aplikasi menggunakan Java dan bijak dalam menggunakannya.

Jenis - Jenis Java

  • Java SE

Java SE atau Java Standard Edition adalah edisi java yang paling umum digunakan, Java SE menyediakan library/ API untuk prmbuatan aplikasi Desktop dan Server.

  • Java EE / Jakarta EE

Java EE atau Java Enterprise Edition (sekarang bernama Jakarta Enterprise Edition) edisi java yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi berskala enterprise. seperti perbankan dan ecommerce.

  • JavaME atau Java Mico Edition

Java ME adalah versi Java yang dirancang untuk pembuatan aplikasi dalam skala kecil seperti sistem benam (embedded system), telepon seluler dan perangkat mobile lainnya

Komponen Java

  • JDK (Java depelopment Kit)

Adlah sebuat set alat untuk mengembagkan aplikasi Java, didalam JDK terdapat tools untuk proses pengembangan seperti compiler (javac), debugger (jdb), dan JavaDoc (dokumentasi java), serta library lainnya yang dibutuhkan untuk proses pengembangan.

  • JRE (Java Runtime Environment)

Adalah sebuah runtime java yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi Java, mencakup library standar java dan JVM, tetapi tidak mencakup JDK karena JDK hanya diperlukan pada saat pengembangan saja.

  • JVM (Java Virtual machine)

adalah sebuah mesin virtual untuk menerjemahkan bytecode ke dalam kode mesin, JVM berjalan diatas sistem operasi secara independent, JVM bertanggung jawab dalam manajemen memori dan sistem pengumpul sampah.

Framework berbasis Java

Framework adalah sebuah kerangka kerja untuk memudahkan dalam pembuatan aplikasi, framework berbeda dengan library, library hanyalah sebuah kumpulan kode program yang siap digunakan, sedangkan framework itu sendiri terdiri dari kumpulan library-library yang disatukan sehingga membentuk sebuah framework.

Di Java ada beberapa Framework yang cukup terkenal misal

  • Spring Framework untuk pengembangan web
  • Hibernate
  • Struts
  • Play Framework
  • JavaServer faces
  • Spark Framework

Text Editor/ IDE untuk pembuatan Aplikasi Java

Ada banyak sekali IDE untuk pembuat aplikasi Java seperti:

  • Intellij Idea
  • Eclipse
  • Netbeans
  • Visual Studio code

Cara install Java di Komputer Windows

berikut adalah langkah-langkah untuk memasang java di Komputer

  1. Mendownload JDK (Java development kit) di situs java Download JDK
  2. Setelah mendownload kamu bisa langsung menginstall nya dengan klik dua kali file tersebut
  3. Pilih folder tempat penyimpanan java selanjutnya klik next
  4. Selanjutnya pilih komponen yang akan di install, pastikan “development tools” tercentang kemudiann klik Next
  5. Tunggu hingga proses selesai
  6. Untuk memastiakan JDK sudah terpasang, kita bisa membuat cmd/command prompt atau Powershell kemdian ketiikan
java -version

apabila muncul versi java dilayar selamat anda telah memasang JDK dengan benar.

Selanjutnya anda bisa memulai untuk pengembangan aplikasi Java dengan memilih beberapa IDE yang sudah saya tulis di bagian atas.

Terimakasih atas kesempatanya membaca tulisan saya sampai jumpa di postingan berikutnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url