Apa itu OpenWrt?

Apa itu OpenWrt?


Apa itu OpenWrt?

OpenWrt (Open Wireles RouTer) adalah sebuah sistem operasi berbasis GNU/Linux untuk perangkat keras sistem benam (embedded) terutama untuk perangkat router. Openwrt membebaskan kita dari pemilihan aplikasi dan konfigurasi yang disediakan oleh vendor perangkat dan menyesuaikan perangkat melalui penggunaan paket yang sesuai dengan aplikasi. komponen sistem openwrt telah dioptimalkan ukurannya sehingga muat pada penyimpanan perangkat yang terbatas.


Kenapa Harus OpenWrt?

OpenWrt dibuat untuk memperkaya fitur-fitur yang tidak ditemukan di router rumahan biasa, berikut keunggulan openwrt dibanding router biasa:

  1. Openwrt menyediakan beragam paket paket yang siap di pasang. kita bisa memasang paket paket tersebut sesuai kebutuhan kita untuk menambah fitur yang sebelumnya belum ada.
  2. Stabil. seperti Linux, openwrt juga dibangun berdasarkan kernel Linux yang sudah terjamin dengan kinerja dan stabilitasnya yang digunakan di server server, begitu juga dengan Openwrt.
  3. OpenWrt adalah proyek opensource dan gratis untuk digunakan alias kamu tidak memerlukan biaya seperserpun untuk mendapatkannya tanpa takut terkena lisensi, kita juga bisa ikut berkontribusi untuk mengembangkan openwrt.

Fitur pada openwrt

OpenWrt dapat dikonfigurasi lewat shell atau melalui antarmuka Web, menyediakan perbaikan bug dan pembaruan keamanan rutin bahkan untuk perangkat yang tidak lagi didukung oleh vendor bawaan perangkat tersebut. OpenWrt menyediakan kemungkinan lengkap untuk mengkonfigurasi fitur-fitur umum yang berhubungan dengan jaringan, seperti IPv4 , IPv6 , DNS , DHCP , routing , firewall , NAT , port forwarding dan lain lain.

Fitur lainnya adalah

- File sharing SAMBA

- Pemutar musik dengan PulseAudio

- Printer sharing, Modem USB, Webcam, Kartu Suara, Download Manager

- Webserver, PHP, MySQL

- dan masih banyak lagi 

 

Perangkat yang didukung

Openwrt bisa dijalankan diberbagai merek router, akan tetapi tidak semua perangkat router yang tersedia di pasaran didukung. dan ini adalah beberapa perangkat yang sering dipasang openwrt

 

openwrt tp link mr 3420 
TP-Link MR-3420
 
STB ZTE B860
STB ZTE B860
 
STB Fiberhome HG 860

 STB Fiberhome HG 860

dan untuk daftar perangkat yang didukung bisa dilihat di link ini https://openwrt.org/toh/start.

 

OpenWrt yang dimodifikasi

Dikarenakan openwrt adalah perangkat lunak opensource kita semua dibebaskan untuk memodifikasi atau menambah fitur sesuai keinginan kita, maka dari itu banyak bermunculan openwrt hasil dari modifikasi, openwrt hasil modifikasi ini biasanya menambahkan fitur-fitur ekstra yang mana bisa menambah keunggulan dari openwrt modifikasi ini. 

Berikut adalah bebrapa openwrt modifikasi yang bisa kita temukan

Openwrt Pulpstone

Openwrt pulpstone dalah openwrt yang sudah di modifikasi oleh Fuad Salim asal Indonesia, openwrt ini banyak sekali peminantnya dikarenakan fiturnya yang bisa langsung mendeteksi Modem USB yang mana di openwrt aslinya kita harus memasang manual paket-paket yang diperlukan, selain itu juga ada beberapa fitur lain yang bisa kita gunakan dengan bantuan commad "gigi" pada openwrt ini. kamu bisa langusng mengunjungi situsnya disini https://pulpstone.pw/


openwrt pulpstone Luci webui
 Screenshoot openwrt pulpstone Luci webui


openwrt pulpstone diakses via Shell SSH  
 Screenshoot openwrt pulpstone diakses via Shell SSH


 Openwrt di tp link mr-3420 
 
 Foto Router MR3420v5 saya yang dipasang openwrt pulpstone



Openwrt Rureka

Openwrt Rureka ini menyediakan custom Openwrt STB / SetTopBox yang mana di openwrt ini menambhakn otomatis detek modem dan software untuk Internet Injector:
 
Fitur-fiturnya
  • Support Shadowsocks (Cloack and simple-obfs plugin)
  • xderm (Alternatif HTTP Injector and KPN Tunnel Rev for OpenWRT)
  • OpenVPN
  • Support 3G Modem (4G Modem Untested)
  • Support Protocol HiLink/NCM/RNDIS/QMI
  • Support USB Tethering Android
  • Support SCP and SFTP Protocol
  • Luci-Theme-Bootstrap
  • LuCI-VnStat Traffic Monitor
  • WebUI-Aria2
  • 3G/4G Info by eko.one.pl
  • Support Enable key reinstallation (KRACK)

Link: https://rureka.com/


Openwrt Reyre

Sama seperti openwrt Rureka, openwrt Reyre ini menambhakan software software penunjang untuk Internet Injector. kita bisa menggunakan xderm, Shadowshock dan juga software injector lainnya. 

Kelebihan dari Openwrt ini sudah tersedia aplikasi Androidnya yang mana untuk mengatur mengonfigurasi openwrt ini kita bisa melakukan konfigurasi melalui HP android kita

aplikasi android untuk mengontrol stb reyre


Sumber:  
openwrt.org
wikipedia.org
pulpstone.pw
rureka.com










Next Post Previous Post
1 Comments
  • bang soal
    bang soal 19 Agustus 2021 pukul 19.16

    terimakasih infonya bermanfaat bagi saya yg newbie

Add Comment
comment url