Begini Cara Menjalankan Perintah SUDO tanpa Memasukkan Password

Oke mungkin teman teman yang menggunakan sistem operasi Linux Khususnya Ubuntu dan turunnya pasti sudah tidak asing lagi kan dengan perintah yang satu ini?  ya sudo. Apasih perintah sudo itu? Perintah sudo digunakan untuk menjalankan perintah pada sistem yang membutuhkan akses root atau akses superuser. dimana root adalah user tertinggi di dalam sistem operasi Linux, dengan user root ini kita bisa menjalankan apapun perintah yang kita mau tanpa terkendala izin atau permission. akan tetapi kita tidak disarankan untuk masuk menggunakan user root ini dikarenakan kesalahan dalam pengoperasiannya bisa meyebabkan fatal pada sistem operasi Linux kita. nah disinilah peran perintah sudo, kita bisa menjalankan akses root dengan user biasa.

Apasih yang membutuhkan akses root itu?
Akses root dibutuhkan apabila kita akan mengakses file file system atau menjalankan proses tertentu yang tidak bisa dilakukan oleh user biasa, sebagai contoh apabila kita akan menginstall aplikasi.

Setiap kita akan menginstall aplikasi khusunya lewat terminal biasanya kita akan mengetikkan perintah apt install <nama-aplikasinya> , tanpa menggunakan akses root maka akan menemukan kesalahan seperti berikut


E: Could not open lock file /var/lib/dpkg/lock-frontend - open (13: Permission denied)
E: Unable to acquire the dpkg frontend lock (/var/lib/dpkg/lock-frontend), are you root?



Pada error diatas terdapat teks "Permission denied" yang berarti tidak diizinkan untuk menjalankan perintah apt tanpa akses root. maka dari itu kita diharuskan untuk menggunakan akses root, salahsatunya dengan menambahkan sudo di depan perintah tadi menjadi seperti berikut lalu memasukkan passwordnya.

sudo apt install <nama-aplikasi>
 

Nah di pembahasan ini kita akan menghilangkan prompt memasukkan password tersebut, jadi apabila kita mengetiikan sudo apt install maka perintah akan langsung dijalankan tanpa memasukka password tadi, oke langsung saja langkah langkah nya dibawah ini.
  • silahkan ketik perintah di bawah lalu masukkan password nya
sudo visudo

  •  nanti akan muncul teks editor silahkan tambahkan teks berikut pada paling bawah

username      ALL=(ALL)   NOPASSWD:ALL

silhakan sobat ganti teks username dengan user sobat sebagai contoh username saya adalah iman maka akan seperti berikut

 iman      ALL=(ALL)   NOPASSWD:ALL

silahkan sesuaikan dengan username sobat



 apabila sudah selesai silahkan klik tombol CTRL+O dan CTRL+X

  • sekarang silahkan untuk mencoba menjalankan perintah yang membutuhkan akses root sebagai contoh sudo apt update , kalau tidak meminta password berarti berhasil dilakukan

 Oke mungkin sekian saja pembahasan Cara Menjalankan Perintah SUDO tanpa Memasukkan Password semoga bisa bermanfaat buat kalian semua. Terimakasih :)












Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url