Apakah Bisa Ngoding Lewat Handphone? Part I




Dijaman sekarang ini teknologi berkembang begitu cepat beda seperti 10 tahun kebelakang untuk mendapat informasi masih dibilang cukup susah, di jaman sekarang Perkembangan Internet sangat pesan dan sudah menjadi peranan penting dalam kehidupan manusia, kita dituntut untuk mempelajari teknologi baru setiap harinya supaya tidak ketinggalan jaman.

Oke sob balik lagi ke pembahasan ya, sebenernya apa sih coding itu? coding adalah suatu kegiatan menyusun syntax pemrograman dengan algoritma dengan bahasa pemrograman tertentu, seperti contoh sobat blogger yang suka posting pasti tidak terlepas dari tag tag HTML, kode CSS, dan syntax Javascript. nah sekarang ini hanphone bukan lagi barang mewah hampir seluruh anggota keluarga pasti mempunyai barang satu ini.


Mungkin anak anak Sekolah SMK khususnya jurusan RPL ataupun TKJ pastilah sudah tidak asing lagi dengan namanya coding, oke pertanyaanya apakah bisa coding lewat hape? Jawabannya bisa ya sob. meskipum dengan segala keterbatasan yang ada dan dengan layar mungil sekalipun sobat bisa mengguanakan handphone untuk belajar program

Aplikasi yang dibutuhkan untuk coding


pertama untuk sobat yang hobinya di web developer, khususnya front-end harus mengistall dulu apliaksi Text Editor, Text Editor berguna untuk menuliskan kode kode program untuk disimpan yang nantinya bisa dijalankan, ada banyak jenis teks editor tersedia di playstore rekomendasi saya yang lumayam bagus adalah QuickEdit, DroidEdit, TurboEditor dll.

untuk menampilkan hasil codingan tadi bisa kita buka lewat browser misal Chrome, Firefox dsb.

untuk codingan bahasa pemrograman PHP, Python, C, C++ sobat diharuskan untuk menginstall aplikasi tambahan yang terpisah, karena bahasa pemrograman tersebut membutuhkan sebuah compiler/interpreter untuk menjalankan nya beda dengan HTML,CSS, Javascript yang hanya butuh teks editor dan Browser Saja.

oke saya akan tulis disini bebrapa apliaksi untuk pemrograman

 - Termux

Termux adalah aplikasi semacam terminal emulator mirip seperti Linux di Desktop, disana kita bisa memasang paket paket untuk belajar pemrograman mulai dari PHP, MySQL/MariaDB, Perl, Node-Js, C++, C, Python, Golang, Ruby, Bash, dan masih banyak lagi, akan tetapi kita diharuskan untuk melakukan sedikit konfigurasi tergantung bahasa pemrogramannya, sebagian besar tidak perlu sebernarnya untuk konfigurasinya cukup install paket dan bisa langsung dijalankan.


- Qpython (offline)

Qpython adalah aplikasi untuk belajar dan menjalankan pemrograman python, QPython layaknya sebuah IDE, yaitu teks editor dan Pembaca programnya/interpreternya sudah ada disana kita cukup menjalankan kodingan kita dengan satu kali sentuhan.


- CXX Droid

Cxx Droid adalah sebuah IDE untuk menjalankan pemrograman C dan C++ kita bisa membuat langsung kode dan dijalankan seketika dari aplikasi CXX Droid

Sobat bisa melanjutkan ke Part II Apakah bisa ngoding lewat handphone? Part II

dan masih banyak lagi aplikasi lainnya nanti kita bahas di postingan selanjutnya ya sob.. sekian Terimakasih.:)
Next Post Previous Post
3 Comments
  • Ilmi
    Ilmi 8 Agustus 2019 pukul 08.09

    Nice gan😁

    • iman24
      iman24 8 Agustus 2019 pukul 11.43

      oke thanks gan hehe

  • Almustari Blog
    Almustari Blog 23 Agustus 2019 pukul 16.25

    Keren artikelnya.
    Maen k blog sy almustari blog

Add Comment
comment url